Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik terhadap Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Utara (Periode 2016 – 2018)

Main Article Content

Tri Asmeli Sembiring

Abstract

Sasaran yang hendak dicapai dari pelaksanaan desentralisasi fiskal adalah memeratakan pembangunan, baik itu pembangunan ekonomi dan juga pembangunan manusia. Lewat desentralisasi daerah menjadi lebih leluasa dalam mengelola dan mengembangkan potensinya. Pemerintah daerah menggunakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai sumber dalam membiayai pembangunan daerahnya. Desentralisasi fiskal juga memiliki dampak yaitu ketimpangan antardaerah, karena daerah memiliki potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, karakter, budaya, geografis, dan topografi yang berbeda-beda. Dalam mencegah ketimpangan serta membantu daerah dalam membiayai pembangunannya pemerintah pusat menyalurkan dana perimbangan, seperti Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu indikator dalam mengukur keberhasilan pembangunan manusia di suatu wilayah dan juga mengukur keberhasilan pemerintah dalam menjalankan fungsinya. Diharapkan dengan pengelolaan PAD, DAU, dan DAK Fisik yang baik maka pembangunan manusia di suatu wilayah dapat meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PAD, DAU, dan DAK Fisik terhadap pembangunan manusia dengan kabupaten/kota di Sumatera Utara menjadi objek penelitannya selama kurun waktu 2016 – 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan PAD, DAU, dan DAK Fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembangunan manusia. Secara parsial PAD memiliki pengaruh signifikan terhadap pembangunan manusia sementara DAU dan DAK Fisik tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pembangunan manusia.

Article Details

How to Cite
Sembiring, T. (2020). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik terhadap Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Utara (Periode 2016 – 2018). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 5(1), 77-91. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v5i1.167
Section
Articles