PROSES DIFUSI INOVASI PROGRAM SAKTI (STUDI KASUS PROSES DIFUSI INOVASI PROGRAM SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI (SAKTI) DITJEN PERBENDAHARAAN DI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2018)

Main Article Content

Imam Tri Wibowo

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi ditandai dengan muculnya bermacam inovasi, salah satunya Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang diinisiasi oleh Ditjen Perbendaharan. Inovasi tersebut telah digaungkan sejak lama dan direncanakan akan diterapkan pada seluruh instansi di Indonesia. Dalam implementasinya, masih ditemui beberapa permasalahan diantaranya adalah penundaan waktu implementasi, minimnnya informasi serta tingkat pemahaman dan pengetahuan di level pengguna yang masih belum optimal. Penelitian ini mencoba memahami proses difusi inovasi aplikasi SAKTI dan melihat bagaimana proses adopsi inovasi di KPP Sleman. Menggunakan teori difusi inovasi, konsep-konsep dari elemen difusi inovasi dan proses adopsi inovasi disajikan untuk mendapatkan gambaran proses difusi dan adopsi inovasi SAKTI di KPP Sleman. Metode dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAKTI dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan di KPP Sleman yang penyebarannya melalui berbagai macam saluran komunikasi dengan pendampingan sebagai kunci keberhasilan implementasi. Percepatan difusi didukung dengan sifat homophily antara agen perubahan dan adopter serta lingkungan eksternal dan internal yang mendukung. Kendati begitu, masih ditemui beberapa persoalan pada inovasinya, saluran komunikasi serta kecakapan trainer. Pada proses adopsi, keuntungan dari sisi praktek dirasakan adopter lebih dominan ketimbang dari sisi keuntungan ekonomis. Keputusan inovasi bersifat otoritas karena cenderung dipengaruhi oleh peran pimpinan, sedangkan pada tahap implementasi masih ditemui beberapa prosedur yang tidak sesuai dengan yang seharusnya dilakukan. Oleh sebab itu, evaluasi atas program SAKTI perlu dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan sebagai pemilik program terutama dalam kaitannya dengan inovasinya sendiri, proses pelatihan, kompetensi trainer, dan media komunikasi yang digunakan.



Article Details

How to Cite
Wibowo, I. (2019). PROSES DIFUSI INOVASI PROGRAM SAKTI (STUDI KASUS PROSES DIFUSI INOVASI PROGRAM SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI (SAKTI) DITJEN PERBENDAHARAAN DI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2018). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 4(4), 323-337. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v4i4.139
Section
Articles

References

Abrar, Ana Nadhya. 2002. Memberi Perspektif pada Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vo. 6 No. 2.
Abrar, Ana Nadhya. 2003. Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI.
Abidin, Zusuf Zainal. 2016. Komunikasi Pemerintahan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
Berger, Charles R, Roloff, Michael E. dan David Roskos E. 2014. Handbook Ilmu Komunikasi. Jakarta: Penerbit Nusa Media.
Bungin, M. Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan: Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fuady, Muhammad Sahrul. 2017. Strategi Automasi Manajemen Keuangan Publik di Indonesia. Jakarta: Substansi, Vol. 1 No.2.
Gillham, Bill. 2000. Case Study Research Methods. London: Continuum.
Hubis, Aida Vitayala S. Dkk. 2016. Komunikasi Inovasi ed.2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lexy, J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lindawati, Lisa. 2014. Difusi Inovasi Relevansi Teori di Era Perkembangan Internet. Dalam Bianglala pemikiran Komunikasi. Yogyakarta: Fisipol UGM.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis(terjemahan). Jakarta: UI Press.
Narendra, Pitra. 2008. Metodologi Riset Komunikasi panduan untuk Melaksanakan Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: BPPI Wilayah IV Yogyakarta dan Dari Hegemoni. Pusat Kajian Media dan Budaya Populer.
Nasution, S. 2006. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Rakhmat, Jalaludin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Cetakan ke-14. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rianto, Puji. 2016. Komunikasi di Era New Media: Tantangan Bagi Penelitian dan Kebijakan. Listiyanto (Ed). TIK dan Transformasi Sosial: Bunga Rampai Bidang Komunikasi dan Informatika. Gava Media: Yogyakarta.
Rogers, E. M. 2003. Diffusion of Innovations 5th Edition. New York: Free Press.
Salim, A. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suciati. 2017. Teori Komunikasi Dalam Multi Perspektif. Yogyakarta: Buku Litera.
Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yin, R.K. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.