ANALISIS PDRB SEKTOR EKONOMI UNGGULAN PROVINSI DKI JAKARTA ANALISIS PDRB SEKTOR EKONOMI UNGGULAN PROVINSI DKI JAKARTA

Main Article Content

Indrayansyah Nur Mukhammad Taufiqur Rakhman

Abstract

Pertumbuhan ekonomi nasional mempunyai pengaruh atas struktur ekonomi daerah karena pertumbuhan nasional mempunyai pengaruh atas pertumbuhan daerah, sebab daerah merupakan bagian internal dari suatu negara. Indonesia merupakan negara kesatuan, dimana rencana pembangunan meliputi rencana nasional maupun rencana regional. Pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Indonesia berada di DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan PDRB DKI Jakarta akibat unsur laju pertumbuhan kesempatan kerja nasional, bauran industri, keunggulan kompetitif dan pertumbuhan total PDRB yang dimiliki menurut sektor-sektor ekonomi dan mengetahui sektor-sektor basis di DKI Jakarta yaitu sektor yang memiliki PDRB lebih tinggi dari rata-rata nasional. Metode analisis data menggunakan Shift Share dan Location Quotient. Pada analisis Shift-Share tahun 2011-2018 dan Location Quotient (LQ) tahun 2014-2018, diperoleh sektor-sektor ekonomi yang menghasilkan nilai PDRB DKI Jakarta tertinggi dan sektor basis. Selanjutnya pemetaan sektor-sektor ekonomi yang menghasilkan realisasi pertumbuhan PDRB terbesar pada masing-masing unsur dan dapat dijadikan sebagai basis ekonomi diantaranya pada sektor Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, sektor Informasi dan Komunikasi, sektor Jasa Keuangan dan Asuransi, sektor Jasa Perusahaan, sektor Industri Pengolahan, sektor Konstruksi dan sektor Transportasi dan Pergudangan serta sektor Real Estate. Sektor-sektor ekonomi yang menghasilkan nilai PDRB DKI Jakarta tertinggi dan sektor basis umumnya terdapat pada sektor tersier dan sebagian sektor sekunder. Akan tetapi, sektor Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor yang merupakan sektor sekunder justru menghasilkan nilai pertumbuhan PDRB tertinggi pada analisis Shift Share diikuti oleh sektor Konstruksi yang juga merupakan sektor sekunder.

Article Details

How to Cite
Nur, I., & Rakhman, M. (2019). ANALISIS PDRB SEKTOR EKONOMI UNGGULAN PROVINSI DKI JAKARTA. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 4(4), 351-370. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v4i4.132
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. Berbagai Tahun Terbitan. DKI Jakarta Dalam Angka. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. Berbagai Tahun Terbitan. Statistik Indonesia. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2019. PDRB Provinsi DKI Jakarta Menurut Lapangan Usaha 2014-2018. Jakarta.

Bank Indonesia. Berbagai Edisi Terbitan. Kajian Ekonomi Regional Provinsi DKI Jakarta. Jakarta.

Bendavid, Avrom-Lal. 1991. Regional and Local Economic Analysis for Practitioners. 4th Ed. New York : Praeger.

Evi Yulia Purwanti. 2008. Analisis Sektor dan Produk Unggulan Kabupaten Kendal. Semarang : Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen Fakultas Ekonomi UNDIP Vol. 18 No. 2 Juli 2008.
McCann, P. 2001. Urban and Regional Economics. New York : Oxford University Press.
Tambunan, Tulus T.H. 2001. Perekonomian Indonesia Teori dan Temuan Empiris. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Todaro, M. and Smith. S. 2004. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi kedelapan. Jakarta. Erlangga.

Wibisono, Yusuf. 2003. Determinan Pertumbuhan Ekonomi Regional : Studi Empiris Antar Propinsi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan.