PERAN DAN MANFAAT MARKETPLACE DAN DIGITAL PAYMENT DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN UMKM DI PROVINSI BANGKA-BELITUNG

Main Article Content

Mahatmyastuti Nuranindita

Abstract

Sistem marketplace Digital Payment (digipay) memberikan banyak manfaat bagi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi. Namun di Provinsi Bangka-Belitung belum banyak yang memanfaatkan digipay. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran dan manfaat digipay bagi penyedia barang/jasa pemerintah, khususnya UMKM di Provinsi Bangka-Belitung, serta mengidentifikasi kendala yang ada, dan saran perbaikan untuk pengembangannya di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara logika-induktif, dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi mengenai sistem marketplace digipay sudah terpublikasi secara cukup memadai, namun penggunaan digipay belum dapat meningkatkan omset usaha para UMKM di Provinsi Bangka-Belitung secara signifikan. Beberapa manfaat penggunaan digipay yang dirasakan oleh UMKM yaitu memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi, kepastian dalam pembayaran, dan efisiensi waktu karena tidak perlu melakukan penawaran harga. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi UMKM dalam bertransaksi menggunakan digipay, yaitu keterlambatan proses pembayaran, kendala pada server aplikasi, kurangnya pemahaman dan belum terbiasa menggunakan tools aplikasi, dan kesulitan dalam perubahan user pengguna digipay. Untuk mengatasi kendala tersebut, telah diperoleh beberapa saran dari para UMKM di Provinsi Bangka-Belitung, yaitu menambah frekuensi sosialisasi, perbaikan user interface dan penyelesaian kendala server, mempermudah sistem pembayaran kepada vendor, dan kecepatan penanganan atau bantuan bagi vendor yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi digipay.

Article Details

How to Cite
Nuranindita, M. (2023). PERAN DAN MANFAAT MARKETPLACE DAN DIGITAL PAYMENT DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN UMKM DI PROVINSI BANGKA-BELITUNG. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 8(1), 17-31. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v8i1.590
Section
Articles

References

Ahsyar, T. K., Syaifullah, S., & Ardiansyah, A. (2020). E-Marketplace media pengembangan promosi usaha mikro kecil dan menengah Dinas Koperasi UMKM Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1). 43-54. https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768
Anugrah, A. A. & Wahyono, S. A. (2021). Communal marketplace berbasis koperasi sebagai salah satu terobosan inovasi bagi pelaku UMKM Indonesia di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 1. https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.114
Aulia, S. (2020). Pola perilaku konsumen digital dalam memanfaatkan aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2). 311-324. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Bank Indonesia. (2022). Statistik sistem pembayaran dan infrastruktur pasar keuangan (SPIP), Februari 2022. Jakarta: Bank Indonesia
Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (2019). Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-20/PB/2019 tentang Uji Coba Penggunaan Uang Persediaan Melalui Marketplace dan Digital Payment pada Satuan Kerja. Jakarta: Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Pengelolaan Kas Negara. (2021). Bimtek Digipay Bagi Satuan Kerja. Jakarta: Direktorat Pengelolaan Kas Negara
Direktorat Pengelolaan Kas Negara. (2022). Focuss Group Discussion: Digipay. Jakarta: Direktorat Pengelolaan Kas Negara
Faisal, M., & Kraugusteeliana. (2019). Analisis behavioral intention pada penggunaan digital payment dengan menggunakan metode technology acceptance model 3 (studi kasus pada aplikasi Linkaja). Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi Dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI), 2(1), 37-47
Fauziyah, F. (2018). Pemberdayaan UMKM melalui akun organisasi bisnis berbasis e-commerce (studi kasus pada forum online UKM KSRN Kabupaten Jember). Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(02). 11-16. https://doi.org/10.30741/adv.v2i02.355
Hardiky, M. I., Nova, D. K., Rahmadewi, A., & Kustiningsih, N. (2021). Optimalisasi digital payment sebagai solusi pembayaran UMKM roti kasur. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 44-48. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2193
Hutabarat, D. D. (2021). Marketplace pemerintah: kerangka teori dan operasional pengembangan dan implementasi marketplace pemerintah di indonesia. Jakarta: Direktorat Sistem Perbendaharaan
Irawati, D. A., David, F., Ekojono, E., & Pramitarini, Y. (2018). Desain model sistem marketplace untuk koperasi di Indonesia. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1).
Kementerian Keuangan. (2018). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 196/PMK.05/2018 Tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah. Jakarta: Kementerian Keuangan
Linda, M. R., Rasyid, R., Patrisia, D., & Engriani, Y. (2020). PKM edukasi fintech bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kerajinan di Desa Naras Kota Pariaman Propinsi Sumatera Barat. Jurnal Suluah Komunitas, 1(2). 38-44.
Mahuda, I., Kusuma, A. C., & Meilisa, R. (2021). Pengenalan dan pendampingan pemanfaatan marketplace e-commerce bagi pelaku UMKM Di Kelurahan Lialang-Serang. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(1). 50-59.
Mertler, C. A. (2017). Action research: Improving schools and empowering educators. New York: Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781483396484
Mukhsin. (2019). Manfaat penerapan marketing online (menggunakan e-commerce dan media sosial) bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). TEKNOKOM, 2(1). 1-10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25
Najib, M. & Fahma, F. (2020). Investigating the adoption of digital payment system through an extended technology acceptance model: An insight from the Indonesian small and medium enterprises. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(4), 1702–1708. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.4.11616
Ong, D. (2010). Analisa penggunaan sistem e-commerce terhadap dampak belanja pada masyarakat kota besar. Respati, 15(1). 21-29. https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.327
Pelipa, E. D. & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan e-commerce untuk usaha mikro kecil menengah di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2). 94-105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900
Putri, A. S. & Zakaria, R. (2020). Analisis pemetaan e-commerce terbesar di Indonesia berdasarkan model kekuatan ekonomi digital. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 1 (November).
Raharjo, D. A. N. & Mulyani, E. S. (2020). Resiliensi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan kebijakan pemerintah di masa pandemi covid 19. Jurnal Utilitas, 6(2). 1-8.
Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara. Jakarta: Republik Indonesia
Riswantio, A. & Devi, A. (2020). Digitalisasi warung sembako dan terintegrasi dengan payment gateway berbasis syariah. PKM-P, 4(2). 196-203. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i2.747
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh digital payment terhadap perilaku konsumen pengguna platform digital payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1). 107-126.
Saragih, S. P. (2019). Technology acceptance of digital payment system pada pelaku UMKM di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2). 82-90. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1402
Tedjasuksmana, B. (2020). Membangun lingkungan bisnis UMKM dalam pemanfaatan digital financial technology. PROSIDING Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN II), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS).
Wulandari, O. A. D., Barokah, S., Azhar, N. al, & Ghazali, H. al. (2021). Penerapan fintech dengan aplikasi OVO sebagai digital payment bagi ibu–ibu PKK RT02/RW04 di Dukuhwaluh Purwokerto. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). 1-6. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.6979