Strategi Komunikasi Organisasi Direktorat Pelaksanaan Anggaran dalam Pelaksanaan Program Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017

Main Article Content

Dwi Harivarman

Abstract

This research aims to determine the communication strategies implemented by the Ministry of Finance’s Directorate of Budget Execution in Spending Review and Budget Implementation Evaluation Program, and to identify the constraints that occur in the implementation of that strategy. This research uses descriptive approach with qualitative data. The result shows that the internal communication strategy implemented was: (1) The message channel, by using verbal and face-to-face communication as the main method to coordinate and communicate during the program implementation; (2) The spesific content of the message, by using the goals of the organization as the main focus in organizational activities; (3) The environment in which communication occurs, by combining formal and informal communication method for coordination. External communication strategy implemented was: (1) to adjust the content of messages and materials with the characteristics and needs of external parties; (2) to utilize various media channels when communicating with external parties. Internal communication barrier encountered was the difference of perception between management and staff about the program, limited information sharing practices from the management to the staff, and leadership style that influential during the program activities. The external communication barrier encountered is the absence of feedback from external parties.


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementerian Keuangan dalam kegiatan Spending Review dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga, serta untuk mengidentifikasi hambatan yang terjadi dalam penerapan strategi komunikasi tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kualitatif, yaitu data dan informasi penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam serta observasi terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi internal yang diimplementasikan oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran adalah: (1) dalam hal pemilihan media, menerapkan komunikasi secara lisan dan tatap muka sebagai metode utama untuk melakukan koordinasi pada saat pelaksanaan kegiatan; (2) dalam hal pemilihan isi pesan, mewujudkan visi dan misi organisasi sebagai fokus utama pelaksanaan kegiatan organisasi; (3) dalam lingkungan tempat terjadinya komunikasi, menggabungkan antara komunikasi formal dan informal untuk koordinasi internal. Strategi komunikasi eksternal yang diterapkan adalah menyesuaikan isi pesan dan materi yang disampaikan dengan karakteristik dan kebutuhan pihak eksternal, serta memanfaatkan sarana media yang beragam dalam berkomunikasi dengan pihak eksternal. Hambatan komunikasi internal yang dihadapi adalah adanya perbedaan persepsi antara pimpinan dan bawahan terhadap pelaksanaan kegiatan, terbatasnya praktik sharing informasi dari pihak manajemen kepada pegawai, serta gaya kepemimpinan atasan yang berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan. Hambatan komunikasi eksternal adalah tidak adanya umpan balik dari pihak eksternal.

Article Details

How to Cite
Harivarman, D. (2017). Strategi Komunikasi Organisasi Direktorat Pelaksanaan Anggaran dalam Pelaksanaan Program Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 2(3), 13-32. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v2i3.30
Section
Articles

References

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
In-text reference: (Cangara, 2013)
Direktorat Pelaksanaan Anggaran. (2015). Cahaya Spending Review. Diperoleh dari (http:// www.djpbn.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/131-artikel-ulasanopini/1737-cahaya-spending-review.html).
In-text reference: (Direktorat PA, 2015)
Humardani, Dani. (2015). Analisis Strategi Komunikasi Direktur pada Direktorat Sabhara Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan. Tesis. Surabaya: Universitas Airlangga.
In-text reference: (Humardani, 2015)
Johanna, Pricillia. (2013). Hambatan Downward Communication antara Pimpinan dan Karyawan PT Makmur Jaya. Jurnal E-Komunikasi. Volume 2. Hlm. 25-37.
In-text reference: (Johanna, 2013)
Kalla, H. A. (2005). Integrated internal communications: a multidisciplinary perspective. Corporate Communications: An International Journal. Volume 10. Number 4. pp. 302-14.
In-text reference: (Kalla, 2005)
Laporan Spending Review Tahun 2015. (2015). Jakarta: Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementerian Keuangan.
In-text reference: (Direktorat PA, 2015)
Liliweri, Alo. (1997). Sosiologi Organisasi. Bandung: PT Citra Aditya Bhakti.
In-text reference: (Liliweri, 1997)
----------------. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
In-text reference: (Liliweri, 2011)
----------------. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi (Editor: Restu Damayanti, Fandy Hutari). Jakarta: PT Bumi Aksara.
In-text reference: (Liliweri, 2014)
Ludlow, R. & Panton, F. (1996). The Essence of Effective Communication (Komunikasi Efektif) (terjemahan Deddy Jacobus). Yogyakarta: Andi.
In-text reference: (Ludlow & Panton, 1996)
Malo, M. & Trisnaningtias, S. (1996). Metode Penelitian Masyarakat. Universitas Indonesia: Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial.
In-text reference: (Malo & Trisnaningtias, 1996)
Marshall, C. & Rossman, G. B. (1995). Designing Qualitative Research. California USA: SAGE Publications.
In-text reference: (Malo & Rossman, 1995)
Muhammad, Arni. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
In-text reference: (Muhammad, 2011)
Monique, H., Hutter. I, & Bailey, A. (2011). Qualitative Research Methods. USA: Sage Publications.
In-text reference: (Monique, Hutter & Bailey, 2011)
Pace, R. W. & Faules, D. F. (2015). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Editor: Deddy Mulyana). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
In-text reference: (Pace & Faules, 2015)
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 234 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan. (2015). Jakarta: Kementerian Keuangan.
In-text reference: (Kementerian Keuangan, 2015)
Rivai, Veithzal. (2008). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
In-text reference: (Rivai, 2008)
Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
In-text reference: (Ruliana, 2014)
Smeltzer, L.R., J. Waltman & D. Leonard. (1991). Managerial Communication: A Strategic Approach. MA, USA: Ginn Press.
In-text reference: (Smeltzer et al., 1991)
Sarwani. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Strategi Komunikasi Sekda terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan. Volume 19. Nomor 1. Hlm. 35-46.
In-text reference: (Sarwani, 2015)
Susanti, Herdiana Ayu. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN). Jurnal Komunikasi ASPIKOM. Volume 2. Nomor 4. Hal. 243-254.
In-text reference: (Susanti, 2015)
Syasyikirana, Wisyesa. (2013). Strategi Komunikasi Organisasi antara Atasan dan Bawahan Pasca Restrukturisasi Manajemen (Studi Kasus pada DetEksi Jawa Pos). Jurnal Media Commonline. Volume 2. Nomor 1.
In-text reference: (Syasyikirana, 2013)
Welch, M. & Jackson, P. R. (2007). Rethinking Internal Communication: A Stakeholder Approach. Corporate Communications: An International Journal. Volume 12. No. 2. pp. 177-198. Emerald Group Publishing Limited
In-text reference: (Welch & Jackson, 2007)
Yin, K. Robert. (2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
In-text reference: (Yin, 2014)