Analisis kualitas implementasi akuntansi berbasis akrual

Main Article Content

Indra Wahyudi

Abstract

Government Regulation Number 71 Year 2010 on Governmental Accounting Standards mandates that the accrual standard on governmental accounting is implemented no later than four years after 2010 which is 2015. Until 2017 several studies on local government showed that the quality of application accrual based accounting is still low.


This study aims to analyze the quality of accrual-based accounting practices at central government based on accrual-based SAP by assessing the accrual rate of each entity. This study uses a qualitative method. The data collection was done by interview, observation and documentation. Aspects studied are activities of converting assets to expense, accruing unpaid expenses, accruing unpaid assets, accruing uncollected revenue and the conversion of liabilities to revenues.


The results of quality analysis of the implementation of accrual accounting in the three central government work units shows that accrual rate varies. The highest ranking achieved by the Head Office of the Directorate General of Treasury with accrual rate of 56 percent, ranked second is Tax Office Pratama Sleman that obtained by the accrual rate of 58,89 percent, and Main Secretariat of the Central Bureau of Statistics earned third with accrual rate of 40 percent.


Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan mengamanatkan bahwa peneraparan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual dilaksanakan paling lambat empat tahun setelah tahun 2010 yaitu tahun 2015. Sampai tahun 2017 beberapa penelitian terhadap pemerintah daerah menunjukan bahwa kualitas penerapan akuntansi berbasis akrual masih rendah. Sampai saat ini belum terdapat penelitian tentang kualitas penerapan akuntansi berbasis akrual pada pemerintah pusat.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas penerapan akuntansi berbasis akrual pada pemerintah pusat berdasarkan SAP berbasis akrual dengan cara menilai tingkat akrual masing-masing entitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek yang diteliti ialah pengakuan transaksi konversi aset menjadi beban, belanja yang belum dibayar, perolehan aset yang belum dibayar, pendapatan yang belum diterima kasnya, dan koversi kewajiban menjadi pendapatan. Kelima aspek tersebut dinilai berdasarkan ketepatan waktu pencatatan pengakuannya.


Hasil analisis kualitas implementasi akuntansi berbasis akrual pada tiga satuan kerja pemerintah pusat menunjukkan tingkat akrual yang bervariasi. Peringkat tertinggi dicapai oleh Kantor Pusat Direktorat jenderal Perbendaharaan dengan tingkat akrual 56 persen, peringkat kedua diperoleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman dengan tingkat akrual sebesar 48,89 persen, dan peringkat ketiga diperoleh Sekretariat Utama Badan Pusat Statistik dengan tingkat akrual sebesar 40 persen.

Article Details

How to Cite
Wahyudi, I. (2019). Analisis kualitas implementasi akuntansi berbasis akrual. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 4(1), 13-22. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v4i1.112
Section
Articles

References

Akbar, Bahrullah. 2015. “Sejarah Keuangan Negara di Indonesia”. Diakses pada 28 September 2017. http://bahrullah.com.
Athukorala, Sarath Lakshman dan Barry Reid. 2003. Accrual Budgeting and Accounting in Government and its Relevance for Developing Member Countries. Asian Development Bank. Diakses pada 28 September 2017. http://hdl.handle.net/11540/5447.
Biro Analisa Anggaran dan Pelaksanaan APBN. 2015. Persiapan Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual di Indonesia. Diakses 28 September 2017. http://www.dpr.go.id.
Cavanagh, J., Flynn, S., dan D. Moretti. 2016. Implementing Accrual Accounting in the Public Sector. IMF Fiscal Affairs Department, Washington.
Creswell, J.W. 2007. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. 2nd Ed. California: SAGE Publications, Inc.
Creswell, J.W. 2014. Research Design : Qualitatif, Quantitatif, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Sage Publications, California.
Direktorat Jenderal Perbendaharaan. 2014. KEP-274/PB/2014 tentang Blueprint Strategi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual pada Pemerintah Pusat.
International Monetary Fund. 2014. Government Financial Statistics Manual 2014. IMF Publication Services, Washington.
Ismiyati. 2016. “Evaluasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual (Studi Kasus pada Lima Pemerintah Daerah)”. Tesis Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Gadjah Mada.
Kementerian Keuangan. 2016. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 225/PMK.05/2016 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Pusat
Khan, A., dan S. Mayes. 2009. Transition to accrual accounting. IMF Fiscal Affairs Department, Washington.
Mustofa, Hamim. 2004. Basis Akuntansi Pemerintah. Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Jakarta.
OECD/IFAC. 2017. Accrual Practices and Reform Experiences in OECD Countries. OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264270572-en.
Purwanto, W. 2015. “Kajian penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta”. Tesis Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Gadjah Mada.
Republik Indonesia. 2003, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
Republik Indonesia. 2004, Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
Republik Indonesia. 2010, Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah.
Ritonga, IT. 2010, Reviu laporan keuangan pemerintah daerah. Lembaga Kajian Manajemen Pemerintahan Daerah, Yogyakarta.
Ritonga, IT. 2015, “Lesson learned from early accrual accounting implementation in Indonesia Local Government: a case study a local government of Province XYZ‟. Diakses tanggal 14 November 2017, https://repository.ugm.ac.id/135218/.
Ritonga, IT. 2017. Analysing the Quality of Accrual Accounting Implementation in Indonesia Local Governments. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Gadjah Mada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.
The Public Sector Committee. 2002. Transition to the Accrual Basis of Accounting: Guidance for Governments and Government Entities. Study 14, http://www.ifac.org/system/files/publications/files/study-14 transition-to-th.pdf. IFAC, New York, USA.